MANFAAT ISO 9001:2015
Jika Anda
menganalisis tahun terakhir kinerja tim penjualan Anda, dan Anda memiliki
pengetahuan tentang standar ISO 9001:2015, maka itu tidak terlalu sulit untuk
membayangkan bagaimana penerapan proses standar dan sertifikasi sesuai standar
dapat membantu tim Anda.
Apakah tim
Anda kehilangan pelanggan dalam setahun terakhir? Apakah organisasi Anda
memiliki metode standar untuk menang, mempertahankan, dan mendapatkan umpan
balik untuk memungkinkan hubungan yang berkembang? Ketika terjadi kesalahan –
yang bisa sangat mahal di dunia penjualan – apakah Anda memiliki metode
prosedur untuk memperbaikinya dan menjadi yakin bahwa itu tidak akan terulang?
Apakah Anda hebat pada proses perencanaan perbaikan dan peninjauan hasil? Kami
yakin bahwa jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, Anda
akan menemukan bahwa hampir selalu ada ruang untuk perbaikan. Jadi, mari kita
lihat bagaimana ISO 9001:2015 dapat membantu Anda untuk membuka ruang perbaikan
tersebut:
1. Standardisasi
proses: ISO 9001:2015 dapat membantu Anda dalam standarisasi proses, yang pada
gilirannya dapat memberikan kesempatan untuk memeriksa bagaimana Anda bekerja
dan mendorong perbaikan. Penggunaan “pendekatan proses” juga dapat membantu
mengintegrasikan proses dan menghilangkan limbah, serta memungkinkan tim
penjualan anda untuk berbagi metodologi umum.
2. Gunakan
umpan balik pelanggan untuk meningkatkan sistem: ISO 9001:2015 dapat membantu
Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Meminta
umpan balik pelanggan tetap dapat membuktikan sangat membantu untuk mendorong
perbaikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dan kedua, untuk membantu Anda
mendorong kebiasaan komunikasi terus-menerus dan hubungan dekat dengan klien.
3. Mengembangkan
proses tindakan korektif yang kuat: Dalam hal terjadi kesalahan, ISO 9001:2015
membantu Anda melengkapi diri dengan proses yang benar untuk menyelidiki akar
penyebab, menghilangkan, dan memastikannya tidak ada terulang lagi. Dalam hal
berurusan dengan penjualan yang hilang, kiriman yang salah, atau pelanggan
tidak puas, tindakan korektif yang efektif dapat menjadi penting untuk kinerja
penjualan dan keseluruhan bisnis.
4. Mengembangkan
proses review dan pengukuran: Mirip dengan lingkungan penjualan, pengukuran
yang akurat dan review merupakan elemen kunci dari standar ISO 9001:2015.
Menggunakan indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh pemangku kepentingan
yang relevan – dan dengan masukan manajemen puncak – dapat memungkinkan tim
penjualan yang akan diukur secara akurat dan memberikan landasan faktual untuk
inisiatif perbaikan.
5. Manajemen
risiko: Ini adalah bagian penting dari standar ISO 9001:2015, dan proses
manajemen risiko yang efektif dapat memberikan landasan terbaik untuk tim
penjualan Anda dalam membuat keputusan berdasarkan risiko yang mempengaruhi
pasar pada saat itu.
6. Mendorong
budaya perbaikan terus-menerus: Perbaikan terus-menerus mendasari seluruh ISO
9001:2015, dan dalam hal ini seperti mengembangkan hubungan dengan pelanggan,
meningkatkan proses yang ada, atau mengembangkan yang baru, perbaikan
terus-menerus dapat meningkatkan kinerja penjualan.
7. Meningkatkan
kualifikasi organisasi Anda untuk mengikuti tender: Sertifikasi ISO 9001:2015
memberikan bonus tambahan yang memungkinkan masuknya organisasi Anda ke pasar
dan peluang tender yang mana dulu belum bisa Anda ikuti. Hal ini akan
memberikan pasar dan peluang baru untuk tim penjualan Anda
Demikian
informasi yang bisa kami share, semoga bermanfaat untuk bisnis anda. Jika anda
membutuhkan konsultan ISO segera hubungi kami dan dapatkan harga promo special.
Kontak Kami :
PT. Sertifikasi Indonesia Berkualitas
Alamat Jl. Swadaya raya No 53 Blok E8, Bintaro Sektor 9
Pondok Pucung, Pondok Aren - https://goo.gl/maps/TTUzqR4YuQ4kcRbD8
(021) 27622534 / 0817 7000 6098
cs@serkindo.com - www.serkindo.com
PT. Sertifikasi Indonesia Berkualitas
Alamat Jl. Swadaya raya No 53 Blok E8, Bintaro Sektor 9
Pondok Pucung, Pondok Aren - https://goo.gl/maps/TTUzqR4YuQ4kcRbD8
(021) 27622534 / 0817 7000 6098
cs@serkindo.com - www.serkindo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar